Kasus 3
Ibu Dani sedang menjelaskan pelajaran Bahasa Inggris di papan tulis, namun beliau memperhatikan bahwa Fajar malah tidur-tiduran dan tampak acuh tak acuh pada pelajarannya. “Fajar coba jawab pertanyaan nomor 3. Maju ke depan dan kerjakan di papan tulis”. Fajar pun tampak malas-malasan maju ke depan, dan sesampai di depan papan tulis pun, Fajar hanya diam terpaku, sambil memegang buku bahasa Inggrisnya dan memainkan spidol di tangannya. “Ayo Fajar makanya jangan tidur-tiduran, lain kali perhatikan! Sudah sana, duduk kembali, kira-kira siapa yang bisa?”
Fajar pun kembali duduk di bangkunya. Hal seperti ini sudah seringkali terjadi pada Fajar, seperti tidak memperhatikan, acuh tak acuh, dan nilai-nilainya pun tidak terlalu baik untuk pelajaran Bahasa Inggris. Pada saat ditegur oleh Ibu Dani, Fajar hanya menjawab, “Tidak tahu Bu”. Ibu Dani pun menjawab lirih, “Gimana kamu Fajar, kamu tidak kasihan sama Ibu ya, Ibu sudah capek-capek mengajarkan kamu. Tidak kasihan sama Ibu?” dan Fajar pun diam membisu.
Posisi kontrol apa yang diambil oleh Ibu Dani dalam pendekatannya kepada Fajar?
Pembuat orang merasa bersalah seperti membuat orang lain merasa tidak nyaman, atau merasa rendah diri. terdapat pada kata - kata ibu dani :
“Ayo Fajar makanya jangan tidur tiduran, lain kali perhatikan!“ Gimana kamu Fajar,
kamu tidak kasihan sama Ibu ya, Ibu sudah capekcapek mengajarkan kamu. Tidak kasihan sama Ibu?”
Fajar lebih cenderung memerlukan perhatian khusus seperti kesabaran dengan cinta dan kasih sayang serta keleluasan dalam cara belajar sesuai dengan kondisi yang dihadapi fajar, kebebasan yang independen dalam belajar (Merdeka belajar)
referensi :
https://terbitkanbukugratis.id/ditta-widya-utami/07/2022/5-posisi-kontrol/
Fajar, apakah fajar mengetahui kalo seorang murid itu harus melakukan apa?, lalu dengan fajar tidur-tiduran dan malas di kelas ini sesuai dengan yang harapan kita semua?, apa fajar tidak merasa rugi kalau nanti tidak paham akan pelajaran bahasa inggris,? Fajar hanya membuang waktu sia-sia
Apabila Anda adalah kepala sekolah di sekolah Fajar dan mengetahui hal ini, bagaimana tindak lanjut Anda?
mencari tahu latar belakang dan alasan tindakan fajar,
melakukan tindak lanjut dengan mengunjungo rumah bersama guru bp/bk walikelas agar ada perbaikan dari fajar,
memfasilitasi adanya bimbingan dan konseling