Tingkat kualitas refleksi pelaksanaan pengembangan kompetensi
Nama Guru: - Samiyanto -
Mata Pelajaran: Mapel Pilihan Digitalent
Kelas/Semester: 12/ Semester Gasal
Tema Diklat Terkait: Pemanfaatan TIK dan Model Pembelajaran Inovatif berbasis AI
Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa abad 21, dilakukan refleksi dan tindak lanjut terhadap proses pembelajaran dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), model Flipped Classroom, serta pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai alat bantu pembelajaran.
Permasalahan yang Ditemukan
Siswa kurang aktif dalam pembelajaran tatap muka.
Ketimpangan pemahaman materi antar siswa.
Keterbatasan waktu untuk eksplorasi materi secara mendalam di kelas.
Tindak Lanjut Perbaikan
Pemanfaatan TIK dan AI:
Menggunakan platform pembelajaran berbasis AI (seperti ChatGPT, Quizziz, atau Khan Academy) untuk membantu siswa memahami materi secara mandiri.
Memberikan akses video pembelajaran dan simulasi interaktif sebelum pertemuan kelas.
Pengembangan LMS Mandiri sekolah
Penerapan Model Flipped Classroom:
Siswa mempelajari materi terlebih dahulu di rumah melalui video dan modul digital.
Sesi kelas digunakan untuk diskusi, praktik, dan pemecahan masalah secara kolaboratif.
Penyesuaian Strategi Pembelajaran:
Menyusun skenario pembelajaran yang fleksibel dan adaptif terhadap kondisi siswa.
Menyediakan umpan balik otomatis dan personalisasi pembelajaran melalui AI.
Dampak dan Hasil
Keterlibatan siswa meningkat dalam diskusi kelas.
Pemahaman materi lebih merata karena siswa dapat belajar sesuai ritme masing-masing.
Guru lebih fokus pada pembimbingan dan penguatan konsep, bukan hanya penyampaian materi.
Rencana Ke Depan
Mengembangkan konten pembelajaran berbasis AI yang lebih kontekstual.
Melakukan evaluasi berkala terhadap efektivitas model flipped classroom.
Meningkatkan literasi digital siswa dan guru, dengan mengoptimalkan Layanan LMS belajar.smkn9surakarta.sch.id