Bukti Dukung Ekinerja Triwulan 1 2025
Bukti Dukung Ekinerja Triwulan 1 2025
Terlaksananya pembelajaran/pembimbingan, serta pembimbingan dan pelatihan dalam mewujudkan pembelajaran yang bermutu untuk semua (Laporan Singkat) 5 M : Mengajar, Menilai, Membimbing :
Presensi Proses Pembelajaran
Jurnal pembelajaran dan Pembimbingan (konsep lama Remidial-Pengayaan) diharapkan tidak tulis manual.
Bukti Assesmen : Aksi Nyata dan Lampiran penilaian
Terlaksananya perencanaan dan penilaian pembelajaran /pembimbingan dalam mewujudkan pembelajaran yang bermutu untuk semua (Laporan Singkat) 5 M : Merencanakan :
Capaian Pembelajaran (CP)
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Rencana Pembelajaran (RP) : RPP/Modul Ajar
Materi
Perangkat Assesmen, Rubrik / Norma Penilaian
Terlaksananya praktik pembelajaran melalui observasi praktik kinerja yang disepakati bersama Kepala Sekolah (Laporan Singkat) 5 M : Mengajar :
Laporan Kegiatan Observasi dan Fokus pembelajaran
Lampiran Foto dokumentasi
Terlaksananya tugas tambahan dalam mendukung pembelajaran yang bermutu untuk semua 5 M : Melaksanakan Tugas Tambahan :
Laporan singkat
Terlaksananya pengembangan kompetensi yang meningkatkan pembelajaran yang bermutu untuk semua : Laporan Singkat.
Mengikuti workshop bertema Deep Learning membuka wawasan baru bagi saya sebagai seorang guru Desain Komunikasi Visual, terutama dalam mengajarkan Corporate Identity kepada siswa. Teknologi kecerdasan buatan telah berkembang pesat dan memberikan berbagai peluang dalam industri kreatif, termasuk dalam proses penciptaan dan pengembangan identitas merek.
Pemanfaatan Deep Learning dalam Corporate Identity
Dari workshop ini, saya memahami bahwa Deep Learning dapat membantu siswa dalam berbagai aspek desain Corporate Identity, seperti:
Otomatisasi Desain – Dengan memanfaatkan AI, siswa dapat menghasilkan konsep logo dan elemen branding dengan lebih cepat, sekaligus memahami bagaimana teknologi mendukung proses kreatif.
Dampak pada Proses Pembelajaran
Dengan adanya teknologi ini, saya melihat beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh siswa dalam pembelajaran Corporate Identity:
Menyiapkan Siswa untuk Industri Masa Depan – Pengenalan Deep Learning dalam desain membantu siswa mengembangkan keterampilan yang akan sangat dibutuhkan di dunia kerja yang semakin digital dan otomatis.
Tantangan dan Langkah Selanjutnya
Tantangan utama dalam mengadopsi teknologi ini adalah bagaimana mengajarkan siswa untuk tetap menjaga orisinalitas dan kreativitas dalam menggunakan AI. Oleh karena itu, saya berencana untuk:
Memasukkan materi tentang etika penggunaan AI dalam desain.
Kesimpulannya, workshop ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang bagaimana Deep Learning dapat memperkaya proses pembelajaran di kelas Desain Komunikasi Visual. Saya yakin bahwa dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan industri kreatif di masa depan.
Link referensi Ekinerja dan Info lainnya
Linieritas terbaru didapodik :
https://info.smkn9surakarta.sch.id/beban-tugas-guru/linieritas/linieritas-2025
Refleksi Ekinerja 2024 :
https://samiyanto.smkn9surakarta.sch.id/e-kinerja/refleksi-ekinerja-2024
Contoh Dokumen Ekin Final 2024 :
https://samiyanto.smkn9surakarta.sch.id/e-kinerja/ekintw-4-2024