Dasar Kegiatan :
Raport Pendidikan terbaru : Di Metode Pendidikan (beban berada di kita sebagai Guru)
Edaran EKIN : Membuat EKIN EKS.PMM dan BKN :
Ekin PMM sampai umpan balik KS
Menyiapkan bukti dukung pada link gdrive / sejenisnya sesuai tupoksi guru 5 M (utk dimasukkan ke ekin BKN) . menunggu info resmi input di ekin-BKN
Refleksi Ekinerja 2024 : https://samiyanto.smkn9surakarta.sch.id/e-kinerja/refleksi-ekinerja-2024
Arahan Kepala Sekolah :
Pembelajaran berbasis Tefa / Integrasi berbagai mapel yang memungkinkan
Tefa : Berbasis Pesanan, Berbasis Penggunaan Mandiri, Berbasis Projek2an yang mengadopsi Dunia Usaha
Pengelompokan Guru, Ruang, Jadwal berdasarkan karakter Jurusan dan orientasi siswa : terkait pasca lulusan : Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha.
Masih ada kelas Kosong : solusi : ada Penugasan dan Penjelasan dari guru, sehingga tidak ada istilah kosong, namun mohon tidak di salahgunakan. seperti :
Pulang belum waktunya : krn sudah di ijinkan oleh guru terkait secara terus menerus.
Pengisian Monev/Jurnal Pembelajaran yg tidak sesuai dengan ketentuan.
Manusia yang paling mulia di hadapan Tuhan adalah orang yang paling bertakwa (menjalankan perintahnya menjauhi larangan) mari kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita
Manusia yang dicintai/sukai Tuhan adalah manusia yg berbuat baik - Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk sesama : mari kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita
Terlaksananya pembelajaran/pembimbingan, serta pembimbingan dan pelatihan dalam mewujudkan pembelajaran yang bermutu untuk semua (Laporan Singkat) 5 M : Mengajar, Menilai, Membimbing :
Presensi Proses Pembelajaran
Jurnal pembelajaran dan Pembimbingan (konsep lama Remidial-Pengayaan) diharapkan tidak tulis manual.
Bukti Assesmen : Aksi Nyata
Terlaksananya perencanaan dan penilaian pembelajaran /pembimbingan dalam mewujudkan pembelajaran yang bermutu untuk semua (Laporan Singkat) 5 M : Merencanakan :
Capaian Pembelajaran (CP)
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Rencana Pembelajaran (RP) : RPP/Modul Ajar
Materi
Perangkat Assesmen, Rubrik / Norma Penilaian
Terlaksananya praktik pembelajaran melalui observasi praktik kinerja yang disepakati bersama Kepala Sekolah (Laporan Singkat) 5 M : Mengajar :
Laporan Kegiatan Observasi dan Fokus pembelajaran
Lampiran Foto dokumentasi
Terlaksananya tugas tambahan dalam mendukung pembelajaran yang bermutu untuk semua 5 M : Melaksanakan Tugas Tambahan :
Laporan singkat
Terlaksananya pengembangan kompetensi yang meningkatkan pembelajaran yang bermutu untuk semua : Laporan Singkat.
Mengikuti workshop bertema Deep Learning membuka wawasan baru bagi saya sebagai seorang guru Desain Komunikasi Visual, terutama dalam mengajarkan Corporate Identity kepada siswa. Teknologi kecerdasan buatan telah berkembang pesat dan memberikan berbagai peluang dalam industri kreatif, termasuk dalam proses penciptaan dan pengembangan identitas merek.
Pemanfaatan Deep Learning dalam Corporate Identity
Dari workshop ini, saya memahami bahwa Deep Learning dapat membantu siswa dalam berbagai aspek desain Corporate Identity, seperti:
Otomatisasi Desain – Dengan memanfaatkan AI, siswa dapat menghasilkan konsep logo dan elemen branding dengan lebih cepat, sekaligus memahami bagaimana teknologi mendukung proses kreatif.
Dampak pada Proses Pembelajaran
Dengan adanya teknologi ini, saya melihat beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh siswa dalam pembelajaran Corporate Identity:
Menyiapkan Siswa untuk Industri Masa Depan – Pengenalan Deep Learning dalam desain membantu siswa mengembangkan keterampilan yang akan sangat dibutuhkan di dunia kerja yang semakin digital dan otomatis.
Tantangan dan Langkah Selanjutnya
Tantangan utama dalam mengadopsi teknologi ini adalah bagaimana mengajarkan siswa untuk tetap menjaga orisinalitas dan kreativitas dalam menggunakan AI. Oleh karena itu, saya berencana untuk:
Memasukkan materi tentang etika penggunaan AI dalam desain.
Kesimpulannya, workshop ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang bagaimana Deep Learning dapat memperkaya proses pembelajaran di kelas Desain Komunikasi Visual. Saya yakin bahwa dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan industri kreatif di masa depan.
Linieritas terbaru didapodik : https://info.smkn9surakarta.sch.id/beban-tugas-guru/linieritas/linieritas-2025
Refleksi Ekinerja 2024 : https://samiyanto.smkn9surakarta.sch.id/e-kinerja/refleksi-ekinerja-2024
Contoh Dokumen Ekin Final 2024 : https://samiyanto.smkn9surakarta.sch.id/e-kinerja/ekintw-4-2024